crow-post.blogspot.com

Sejarah Pensil Dan Penghapus

1 comment

PENSIL
Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu.

10 Pasukan Terhebat Dalam Sejarah

0 comment
10. Aztecs


Suku Aztec terkenal kejam dalam pertempuran. Mereka biasanya berpakaian seperti binatang elang atau jaguar. Mereka menggunakan senjata yang sangat primitif seperti clubs dan busur dengan sangat efektif. Cuachicqueh adalah prajurit yang bersumpah tidak akan mundur bila musuh datang. Mereka akhirnya dikalahkan oleh Spanyol dengan senjata modern yang jauh lebih baik.

Gurun Sahara akan jadi sumber energi bagi dunia

2 comment
 

Proyek yang dilakukan oleh universitas di Algeria dan Jepang akan membuat Gurun Sahara jadi sumber energi surya. Ambisi mereka: separuh dunia akan ditenagai sumber energi itu pada tahun 2050.

Pemanasan Global Pernah Terjadi 300 Juta Tahun yang Lalu

0 comment
gambar: ilustrasi (thedailystar.net)
Pemanasan global pernah menghancurkan hutan hujan sekitar 300 juta tahun yang lalu, yang memicu berkembangnya dinosaurus, menurut sebuah studi dari para peneliti Inggris.

Perokok Jadi Lebih Bahagia Setelah Berhenti Merokok

1 comment

Kebanyakan orang merokok untuk mengurangi kecemasan saat mengalami stres. Namun para peneliti justru menemukan berhenti merokok bisa membuat seseorang lebih bahagia, dan efeknya akan terasa selama ia berhasil menghentikan kebiasaannya tersebut.

Efisien ataukah Nekat???

1 comment
Masih ingat waktu bonek naik kereta api terus ga muat lalu mereka naik ke gerbong??? Nih gambarnya

http://wakier.files.wordpress.com/2010/04/bonek.jpg

 Percaya ga kalu ada yang lebih nekat dari para bonek itu??? Kalau ga percaya lihat aja nih

Misteri-Misteri Terbesar di Bidang Sains

0 comment
 

Walaupun peradaban manusia dan ilmu pengetahuan sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat, namun beberapa beberapa hal masih menyisakan pertanyaan dan teka-teki. 
Berikut ini adalah misteri-misteri dikompilasi oleh situs LiveSience, yang hingga kini masih belum bisa dipecahkan oleh 'pisau bedah' ilmu pengetahuan murni. 

Kebiasaan Buruk yang Baik untuk Kesehatan

0 comment
Selama ini kebiasaan buruk selalu identik dengan segala hal yang dapat membahayakan kesehatan seseorang. Tapi ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membantu menunjang kesehatan. Mau tahu?

"Kebiasaan buruk terkadang memungkinkan kita untuk bertindak seperti anak-anak. Tapi yang membuat kebiasaan itu menjadi baik atau buruk adalah keadaan dan juga frekuensinya," ujar Dr Daniel J Carlat, profesor psikiatri dari Tufts University School of Medicine, seperti dikutip dari AOLHealth, Jumat (3/12/2010).

Cepat Lupa Karena Rokok

3 comment
img 

Ketika menghisap rokok, orang akan membawa tar, karbon monoksida dan nikotin ke dalam tubuhnya. Nikotin membuat pembuluh darah semakin menyempit dan menyebabkan aliran darah ke tubuh dan otak menjadi lambat dan akhirnya orang jadi cepat lupa.

Tempat Perlindungan dari Kiamat Kian Terkenal

1 comment
 Headline
Terjadinya kiamat karena perang, penyakit atau bencana alam telah jadi kekhawatiran bertahun-tahun. Tempat perlindungan Walton McCarthy pun menjadi terkenal.


Selama 30 tahun terakhir, McCarthy adalah presiden Radius Engineering International. Pabrik McCarthy terletak sekitar 30 menit sebelah timur Dallas di Terrell, Texas seluas 52.000 meter persegi.

600.000 Perokok Pasif Meninggal Per Tahun

1 comment

Organisasi Kesehatan dunia (WHO) melaporkan satu dari 100.000 orang meninggal karena menjadi perokok pasif. Diperkirakan per tahunnya, 600.000 orang di seluruh dunia meninggal karena perokok pasif

 

7 Pemicu Jerawat

0 comment
Jerawat merupakan masalah kulit paling umum yang tak sekadar merusak penampilan, tapi juga potensial memicu krisis percaya diri. Selain perawatan, Anda perlu mengenali pemicu munculnya jerawat sebagai langkah pencegahan.

Berikut tujuh penyebab munculnya jerawat yang perlu Anda tahu:

Rokok Menthol Lebih Bersifat Candu

1 comment
 


TPSAC (Tobacco Products Scientific Advisory Committee) adalah bagian dari Badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) memerintahkan untuk meninjau rokok menthol dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat.

Mengintip Inilah Kehidupan Nyata Mr. Bean Yang Harmonis dan Mewah

1 comment
 

Walaupun suka kelihatan konyol di acara tv, tetapi ternya Mr. Bean tidak lah konyol dalam hidup nyatanya. Bahkan dia mempunyai istri yang cantik lho. Putra putrinya juga tampan dan cantik.

7 Orang yang tidak sengaja menemukan keberuntungan

0 comment
1. Laki - laki yang membeli salinan resmi Deklarasi Kemerdekaan dengan harga $4


Seorang pria yang tidak dikenal, membeli lukisan robek seharga $ 4 di sebuah pasar loak di Adamstown.Pa, karena ia tertarik dengan bingkainya.

Prehistoric Time Line, Evolusi Kehidupan di Bumi Dari Awal Sampai Saat Ini

0 comment
Bumi terbentuk sekitar 4.600.000.000 tahun yang lalu, ketika tata surya kita mulai terbentuk di sekitar matahari. Terlahir dari sebuah bintang yang meledak yang bernama supernova.


Bintang yang baru mengumpulkan pusaran debu dan gas disekitarnya. Ketika matahari mulai memanas, materi yang mengorbitnya mulai terakumulasi, saling bertubrukan untuk membentuk protoplanet dengan tarikan gravitasi.

Pelarangan atau Pembatasan Bahan Aditif Rokok Diterapkan 2012

0 comment
Gelaran WHO Framework Convention for Tobacco Control (WHO FCTC) di Uruguay telah usai. Dari semua kesepakatan yang dihasilkan yang paling menarik adalah regulasi pembatasan bahan aditif (tambahan) pada rokok yang akan diterapkan pada 2012. Caranya bisa dikurangi atau dilarang.

WHO FCTC memang ingin target pembatasan bahan aditif rokok ini dipercepat. Namun tarik ulur dengan asosiasi

ROKOK ITU BAHAYA !!!

1 comment
   Rokok mengandung lebih dari 4000 zat-zat dan 2000 diantaranya telah dinyatakan berdampak buruk untuk kesehatan kita, antara lain adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), obat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT),pembersih lantai (ammonia), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang kerap digunakan di kamar gas maut bagi tahanan yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin merupakan zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, inilah sebab dari para perokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok.

Pedang - Pedang Legendaris yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah

0 comment

Abis jalan-jalan bawa Dinosaurus sekarang saya ngambilin pedang orang nih. hehehe

Emang sih cuma share artikel lagi tapi lumayan kan buat menambah pengetahuan pengunjung blog saya. Kali ini bukan dari blog tetangga lho, namun dari kaskus sudah tahu kan apaan tuh kaskus??? kalau mau informasi menarik yang lain ya mampir aja kesana. Banyak yang menarik tuh disana.

 

Ini nih pedang-pedang legendaris yang pernah tercatat dalam sejarah:

8 Dinosaurus Pemegang Rekor

0 comment
Kebetulan saya baru jalan-jalan ke blog tentangga-tetangga jadi sekarang saya bawain oleh-oleh buat para pengunjung blog saya. itung-itung sharing entri orang gitu lah.hehehe. Masih ingat kan sama reptil raksasa alias Dinosaurus yang hidup jutaan tahun yang lalu. Sekarang silahkan dibaca tentang rekor-rekor yang dimiliki oleh beberapa dinosaurus tapi bukan rekor kayak MURI lho, melainkan tentang yang terberat sampai yang punya telur terbesar.

Daripada saya banyak bicara, siloahkan nih dibaca aja

8 Dinosaurus Ter....

Pohon Ini Siap Ganti Lampu Penerangan Jalan

0 comment
 
Memanfaatkan cahaya bioluminescence, sekelompok peneliti menemukan cara baru untuk menerangi jalanan di seluruh dunia. Dengan membuat nanopartikel emas, peneliti Taiwan berhasil mengubah pohon jadi lampu penerang jalan.

Kenapa Ekonomi Indonesia Geser Jepang 2030?

2 comment
 
Pada 2030, ekonomi Indonesia diperkirakan akan mengalahkan Jepang. Pada tahun itu, Indonesia menempati peringkat ke lima negara terbesar, sedangkan Jepang peringkat ke enam.

Tidur Dalam Kegelapan Bisa Hindari Depresi

0 comment

Tidur dengan suasana pengeksposan cahaya dapat membuat perubahan di otak yang bisa mengarah pada mood yang buruk, termasuk depresi, menurut sebuah studi.

Penemuan ini bisa menjelaskan mengapa pekerja-pekerja dengan shift malam, yang biasa terekspos oleh cahaya pada malam hari, beresiko terkena mood yang buruk serta, ujar para penelitian. Demikian seperti yang dikutip dari Live Science, Kamis ( 18/11/2010).

Perokok Pasif Berisiko Tinggi Menjadi Budek

1 comment
 img

Satu lagi bukti bertambah bahwa menjadi perokok pasif sama berisikonya dengan perokok aktif. Penelitian terbaru menemukan bahwa perokok pasif berisiko tinggi mengalami gangguan pendengaran alias budek.

Alergi Akibat Telepon Seluler

0 comment
imgTelepon seluler adalah alat komunikasi yang hampir dimiliki oleh setiap orang pada saat ini. Tapi ternyata pada beberapa orang tertentu alat komunikasi ini bisa menyebabkan alergi.

Alergi terhadap telepon seluler kemungkinan disebabkan oleh logam nikel yang terkandung di dalamnya. Seseorang yang alergi akan mengalami ruam yang muncul di daerah pipi, rahang atau telinga secara bersamaan.

Ini Akibatnya Jika Tidak Sarapan

1 comment
 

Sudah sarapankah Anda hari ini? Alasan terburu-buru dan ingin menurunkan berat badan kadang membuat orang mengabaikan saran. Mengabaikan sarapan berarti Anda menanggung risikonya?

Indonesia Penghasil Virus Komputer Terbesar Nomor 5 Di Dunia

0 comment
http://yanuar.blog.uns.ac.id/files/2009/12/computer-virus-picturejpg.jpg
Indonesia tidak hanya sebagai negara dengan pengguna internet cukup besar di dunia. Tapi Indonesia juga masuk 5 besar negara penghasil virus terbanyak di dunia. Wow!

10 Ilmuwan 'Gila' Dunia

0 comment
Para ilmuwan memang memiliki karakternya masing-masing. Banyak di antara mereka punya perilaku yang unik dan eksentrik--kalau tidak mau dibilang aneh. Namun, seringkali tingkah aneh itu juga disertai oleh ide-ide besar yang 'gila' dan liar. Dan ide-ide itu pula yang kemudian berhasil mengubah masa depan dunia hingga menjadi seperti sekarang. LiveScience merangkum beberapa tokoh ilmuwan 'gila' tersebut.
 

Wanita Perokok Berisiko Lahirkan Anak Nakal?

1 comment
Kebiasaan merokok pada wanita yang sedang hamil tak hanya membahayakan kesehatan. Tapi juga berisiko bagi perkembangan anak.
 Menkes: Jumlah Perokok Perempuan Meningkat

Top 10 Tradisi Mengerikan Di Dunia

0 comment

Sebagian besar tradisi ini sekarang merupakan bagian dari sejarah dan
dianggap paling kejam atau jahat. Namun beberapa diantaranya dihentikan
baru-baru ini. Ini adalah daftar 10 tradisi yang aneh yang sekarang
kebanyakan sudah hilang dari peradaban manusia.

Mengidap Disleksia, Da Vinci dan Picasso Sukses!!!

3 comment
img
Siapa yang tidak kenal dengan dua pelukis dunia Pablo Picasso dan juga Leonardo da Vinci. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan bahwa rahasia sukses keduanya adalah disleksia alias sulit membaca dan mengeja.

Burung Gagak dapat Bedakan Gender Manusia

1 comment
TOKYO - Satu lagi kelebihan gagak dibandingkan hewan-hewan lain. Selain merupakan hewan tercedas, burung gagak dapat membedakan antara wajah pria dengan wanita, hal ini diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang.

Siapa Hewan Tercerdas Menurut Al-Quran dan Sains?

22 comment

Burung umumnya tidak dianggap hewan cerdas, sampai-sampai seseorang untuk merendahkan orang lain menyebutnya dengan "Otak Burung". Tetapi suatu hari, saya (Sahar El-Nadi)  membaca sebuah ayat dari Quran yang melibatkan burung mengajar manusia awal sebuah praktek yang penting, yang membuat saya berhenti dan berpikir tentang makna dari ayat dan kualitas dari burung tertentu, membawa saya ke pengalaman belajar yang menarik. Berikut adalah ayat yang merupakan bagian dari kisah anak-anak Adam, Habil dan Qabil.

Cinta dan Nafsu itu Ga' Sama...!!!

9 comment
Sebagian orang kerap kali mengkambing hitamkan cinta untuk menutupi nafsu yang sebenarnya ada dalam otaknya. Remaja jaman sekarang cukup banyak yang meminta bukti cinta dari pasangan mereka dengan cara meminta pasangan mereka mau dengan rela memenuhi permintaan anehnya. Namun cinta dan nafsu tidaklah sama, sehingga jangan coba-coba untuk memanfaatkan nama cinta untuk memenuhi nafsumu....!!!!
Karena gue abis jalan-jalan ke blog tetangga. Nih gue kasih oleh-oleh tentang perbedaan nafsu dan cinta

Main Tetris Kurangi Stres Pasca Trauma

0 comment
Video game klasik Tetris mungkin dapat menyediakan layanan yang lebih dari hanya sekedar permainan. Menurut sebuah studi di Oxford University, bermain Tetris dalam beberapa jam setelah mengalami trauma dapat mencegah kilas balik, yang disebut gejala stres post-traumatik (pascatrauma).
 TETRIS, rayakan ulang tahun peraknya bulan Juni.

Kenapa Orang Perlu Main Bulu Tangkis?

0 comment
Buat orang Indonesia dan Asia umumnya, permainan bulutangkis alias badminton sudah menjadi olahraga yang merakyat. Ternyata dari hasil penelitian, olahraga ini memang layak dimainkan dan lebih unggul ketimbang tenis.
img
Bulutangkis adalah olahraga raket yang biasanya dilakukan di dalam ruangan. Bulutangkis bisa menjadi bentuk latihan aerobik yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Sifat Negatif Penggila SMS dan Jejaring Sosial

0 comment
Remaja alias Anak Baru Gedhe yang ketagihan SMS-an berdasarkan penelitian, ternyata cenderung menyukai hal-hal beraroma seks. Selain itu ABG yang terbiasa menerima dan mengirim SMS sekitar 120 kali dalam sehari juga rentan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Teknologi yang Terinspirasi dari Karya Fiksi Ilmiah

0 comment
Beberapa teknologi yang kita nikmati sekarang adalah khayalan alias imajinasi dari berbagai penulis cerita fiksi ilmiah. Jadi ilmuwan yang nerusin ide-ide para penulis cerita fiksi ilmiah itu. Nih gue tunjukin beberapa penemuan teknologi yang idenya tuh dari cerita fiksi ilmiah sebagai bukti bahwa khayalan tak selalu sia-sia


Internet
http://3.bp.blogspot.com/_1XQ-W6RPBh4/S_Pc4mUL77I/AAAAAAAAAIE/1ocSynssKWY/s1600/internet.jpg

Kematian Teraneh Dalam Sejarah

2 comment
Berikut adalah berbagai kematian yang diakibatkan oleh kejadian-kejadian yang aneh

1. Meninggal karena berniat menggapai bayangan bulan di air
Penyair Cina Li Po (abad VII-VIII Masehi) merupakan penyair terkenal yang gemar mabuk-mabukan. Suatu saat ia sedang mabuk waktu naik perahu melewati sungai Yangtze. Ia melihat bayangan bulan di air. Karena mabuk, ia berusaha menggapai bayangan itu untuk memeluknya, namun gagal. Alhasil ia jatuh ke air dan tenggelam.

Kisah Nyata Yang Mencengangkan Dunia

0 comment
01. Kutukan Mobil James Dean
Pada bulan September 1955, James Dean tewas dalam kecelakaan mobil yang mengerikan saat ia mengemudikan mobil Porche sportnya. Sesudah itu mobilnya tampaknya menjadi mobil pembawa sial.

a) Saat mobilnya diderek dari tempat terjadinya kecelakaan dan dibawa ke garasi, mesinnya copot dan jatuh mengenai mekaniknya, dan menghancurkan kedua kakinya.
b) Akhirnya mesinnya dibeli oleh seorang doctor, yang memasangnya di mobil balapnya dan tewas setelah itu, saat dia balapan. Pembalap lain, di balapan yang sama, tewas dimobilnya, yang dipasangi poros kardan milik James Dean.
c) Tempat dimana porche milik James Dean diperbaiki, yaitu sebuah garasi, rusak terbakar habis.
d) Kemudian mobil itu dipamerkan di Scramento, namun tiba-tiba rusak berantakan dan melukai pinggul seorang remaja.
e) Di Oregon, trailer dimana mobil itu diperbaiki terselip dan menghantam sebuah toko.
f) Akhirnya, tahun 1959, secara misterius mobil itu rusak berantakan menjadi 11 bagian.

Kebanyakan Tidur Juga Bikin Kantong Mata Membesar

0 comment
Lingkaran hitam serta bengkak di sekitar mata sering dikaitkan dengan kebiasaan kerja lembur atau kurang tidur. Padahal tak selamanya demikian, sebab terlalu banyak tidur ternyata juga bisa memicu terbentuknya kantong mata.

Kondisi Arktik Tak Akan Pulih

0 comment
Tanda-tanda berlangsungnya perubahan iklim yang muncul di Arktik diperkirakan akan permanen. Tanda-tanda tersebut, antara lain, adalah semakin menghangatnya atmosfer di kawasan Arktik, menciutnya luasan es, dan mencairnya gletser.

Teka-Teki Mesin Waktu Charlie Chaplin Terkuak

0 comment
Spekulasi tentang adanya mesin waktu yang tertangkap kamera pada acara premiere film Charlie Chaplin, akhirnya terpecahkan. Berikut adalah alat bantu dengar lawas di jaman Charlie Chaplin
Perkiraan adanya mesin waktu pada rekaman video yang dibuat pada 1928 itu ternyata tidak terbukti.

Twitter Mampu Tingkatkan Kemampuan Belajar?

0 comment
Bermain Twitter mungkin berlawanan dengan tujuan akademik, tapi penelitian terbaru menemukan bahwa hubungan antar kedua unsur tersebut tidaklah terlalu jauh seperti yang dibayangkan orang-orang.

Penelitian dilakukan dengan cara meminta para pelajar untuk berkontribusi pada diskusi kelas dan penugasan yang melibatkan Twitter, ternyata malah meningkatkan kesibukan mereka dua kali lipat dalam satu semester.

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia

0 comment
Buku adalah Jendela ilmu, karena memang dengan buku kita bisa tahu banyak sesuatu. tak heran jika banyak manusia begitu menganggap buku sebagai sesuatu yang melambangkan pengetahuan. Tak heran pula jika banyak orang yang mencoba untuk membangun perpustakaan sebagai tempat dari jendela ilmu tersebut.

Berikut adalah daftar 10 perpustakaan terbesar di dunia :

1. Library of Congress
Library of Congress ini berada di Washington DC, Amerika Serikat. Library of Congress didirikan pada 1800. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 30 juta buku. Library of Congress muncul di film National Treasure 2.
http://listphobia.com/wp-content/uploads/080609_1600_10LargestLi1.jpg

Olah Air Bersih yang Tercemar

0 comment
Saat bencana terjadi, kelangkaan air bersih tentunya menjadi masalah yang perlu diperhatikan. Pada kondisi ini banyak sumber air yang mengalami pencemaran. Lalu bagaimana caranya mengolah air bersih yang terkena pencemaran?
img

Dua pertiga dari berat tubuh manusia adalah air. Hal ini membuat manusia mampu bertahan hidup tanpa makanan selama tiga minggu, tetapi tidak mungkin hidup tanpa air selama lebih dari tiga hari.

Kondisi air yang dikategorikan aman dan sehat dikonsumsi adalah jernih, tak berwarna, tak berbau, tak berasa, bebas dari penyakit yang mengandung mikroorgansime dan bebas zat kimia berbahaya.

Dengan adanya bencana alam tentunya membuat banyak sumber mata air bersih tercemar, baik karena bahaya biologis (seperti virus, bakteri atau cacing) maupun bahaya kimia (seperti deterjen, pelarut, sianida, logam berat, asam mineral dan organik, senyawa nitrogen, sulfida, amoniak dan senyawa organik beracun biosidal varietas besar).

Bahaya biologis dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti:

1. Diare
2. Infeksi cacing
3. Disentri (baik amuba dan bakteri)
4. Kolera
5. Masalah lambung
6. Penyakit tipus
7. Penyakit kuning


Sedangkan bahaya kimia dapat menyebabkan masalah kesehatan sebagai berikut:

1. Infeksi kulit
2. Gangguan usus
3. Gangguan hati, tulang dan sistem peredaran darah, kelahiran anomali
4. Anemia, kerusakan sumsum tulang, leukemia
5. Kerusakan sistem saraf pusat
6. Masalah karsinogenik


Bagaimana memurnikan air yang tercemar?

Dilansir dari Webhealthcentre, Jumat (5/11/2010), pemurnian air yang banyak dilakukan ada tiga tahap, yaitu penyimpanan, filtrasi dan klorinasi. Tapi sepertinya tiga tahap ini belum cukup untuk benar-benar memurnikan air yang tercemar.

Berikut beberapaa cara lain untuk mengurangi bahaya pencemaran air baik secara biologis maupun kimiawi:

1. Penyaringan dan perebusan
Meski tampak bersih, air yang akan diminum harus disaring dan direbus hingga mendidih setidaknya selama 5-10 menit. Hal ini dapat membunuh bakteri, spora, ova, kista dan mensterilkan air. Proses ini juga menghilangkan karbon dioksida dan pengendapan kalsium karbonat.

2. Disinfeksi kimia
Hal ini berguna untuk memurnikan air yang disimpan pada tempat seperti di genangan air, tangki atau air sumur.

3. Bubuk pemutih
Proses ini merupakan diklorinasi kapur. 2,3 gram bubuk pemutih diperlukan untuk mendisinfeksi 1 meter kubik (1.000 liter) air. Tapi air yang sangat tercemar dan keruh tidak bisa dimurnikan dengan metode ini.

Bubuk pemutih merupakan senyawa tidak stabil dengan bau yang menyengat. Ketika senyawa ini terkena udara, cahaya atau kelembaban, maka senyawa ini akan cepat kehilangan kadar klorin, sehingga menjadi tidak efektif.

4. Tablet klorin
Dipasaran, tablet klorin dijual dengan nama tablet halazone. Senyawa ini mungkin cukup mahal tetapi efektif untuk memurnikan air dengan skala kecil.

Tablet klorin 'smarter' telah diperkenalkan baru-baru ini. Tablet klorin ini 15-20 kali lebih kuat dari tablet halogen. Satu pil 0.5 gms, cukup untuk mendisinfeksi 20 liter air.

5. Filter
Ada beberapa jenis filter, antara lain filter keramik 'lilin' dan UV filter.

Bagian utama dari sebuah filter keramik 'lilin' ini adalah lilin yang terbuat dari porselin atau tanah infusorial. Permukaannya dilapisi dengan katalis perak sehingga bakteri yang masuk ke dalam akan dibunuh. Metode ini menghilangkan bakteri yang biasanya ditemukan dalam minum air, tetapi tidak efektif dengan virus yang bisa lolos saringan.

Alat UV filter umumnya terdiri dari prefilter, yaitu filter kotoran fisik. Kartrid karbon menghilangkan air dari kotoran organik yang berwarna, bau, bebas klorin dan lainnya. Sedangkan berkas sinar UV berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan virus.


sumber: www.detik.com
foto: thinkstock

Teknologi Hologram Mendekati Kenyataan

1 comment
Ilmuwan asal University of Arizona telah mengembangkan teknologi dimana suatu hari yang bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah besar data dalam bentuk holografik.

Menurut salah satu ilmuwan Nasser Peyghambarian, substansi optik ini yang akan menawarkan aplikasi masa depan dalam bidang kedokteran dan manufaktur, serta dalam industri hiburan.

"Teknologi seperti komunikasi secara langsung dengan hologram sepertinya hanya ada di dalam film saja. Dan kami para ilmuwan mencoba membawanya keluar ke alam nyata," sebutnya, seperti dikutip Nature, Kamis (4/11/2010).

"Tapi sekarang kita telah menunjukkan bahwa menciptakan hologram dinamis dari ukuran dan resolusi seperti di film adalah sebuah kenyataan," tambahnya.

Nasser mengaku bahwa tantangan awal untuk mencapai kualitas hologram sejati telah berhasil diatasi ketika tim berhasil menciptakan material yang mampu merekam dan menampilkan gambar 3D dengan refresh rate dua detik.

Yang pasti, sistem prototipe 3D menurut Peyghambarian menangkap informasi dengan syuting sebuah objek dari berbagai sudut - menggunakan total 16 kamera yang masing-masing mengambil gambar objek setiap detik.

Gambar tadi, selanjutnya diolah menjadi data pixel holografik oleh komputer yang mengirim sinyal ke dua laser, yang kemudian menulis data ke materi rekaman.

Selama proses penulisan, kedua materi bergabung untuk menciptakan sebuah pola interferensi cahaya dan patch gelap dalam bahan rekaman. gambar 3D kemudian direkonstruksi dengan menembakkan cahaya lain di pola.

"Dalam hologram statis, sifat fisik dari bahan rekaman secara permanen diubah oleh pola interferensi, sehingga gambar tidak pernah bisa segar," kata Nasser.

sumber: www.okezone.com
foto: ilustrasi

Dua Ton Karbon Dioksida Tiap Tahun Dihasilkan oleh Makanan

2 comment
Dampak pemanasan global akan semakin terasa jika manusia tidak segera membatasi polusi udara, terutama dari industri dan transportasi. Sebab untuk makan saja, tiap manusia sudah menyumbang polusi sebanyak 2 ton karbon dioksida (CO2) pertahun.
img
Angka itu sudah meliputi berbagai tahapan penyiapan makanan, mulai dari cocok tanam, pengolahan, pengemasan hingga distribusi dan penjualan. Dari total emisi yang dihasilkan manusia tiap tahun, tahapan-tahapan itu menyumbang polusi sekitar 20 persen.

Para ahli dari Universidad de Almeria (UAL) menyimpulkan hal itu setelah meneliti pengaruh pola konsumsi makanan di Spanyol dengan tingkat pencemaran lingkungan. Kesimpulan tersebut dipublikasikan dalam jurnal internasional Life Cycle Assessment.

"Dalam setahun, tiap orang menghasilkan polusi 2 ton karbon dioksida dari makanan dan menghabiskan energi sekitar 20 gigajoule untuk mengolahnya," ungkap Ivan Munoz, salah satu peneliti seperti dikutip dari Science Daily, Rabu (3/11/2010).

Emisi karbon dioksida paling banyak dihasilkan dari peternakan, seperti pengolahan daging dan susu. Agrikultur, perikanan dan industri pengolahan makanan jadi juga termasuk sumber-sumber utama pencemaran lingkungan.

Selain mencemari udara, proses pengolahan makanan juga mencemari perairan terutama dengan limbah nitrogen dan fosfor. Bahkan limbah alamiah berupa kotoran manusia juga merupakan sumber pencemaran air.

Di dalam air, materi organik pada kotoran manusia menjadi sumber nutrisi bagi alga. Akibatnya terjadi booming atau ledakan pertumbuhan alga yang membuat kadar oksigen terlarut menipis dan berbau tidak sedap.

Untungnya, kotoran manusia juga menjadi pupuk bagi tanaman lain sehingga memperbanyak terjadinya fotosintesis. Salah satu produk fotosintesis adalah oksigen yang sedikit banyak dapat menetralisir emisi karbon dioksida dari makanan.


sumber: www.detik.com
foto: thinkstock

Jurus Jitu Redam Amarah

0 comment
Setiap orang pasti memilki karakter dan sifat berbeda satu sama lain. Seperti, pemarah, penyabar, penyayang, atau mudah tersinggung. Tapi, bagaimana jika Anda adalah tipe pemarah, mudah tersulut emosi dan sulit meredam amarah? Jika sikap ini terus melekat bisa berefek buruk pada kehidupan Anda.

Jika ingin mengendalikan emosi Anda yang meluap-luap, cobalah kenali lebih jauh permasalahan yang jadi penyebab kemarahan Anda. Dari situ, Anda bisa menekan emosi lewat cara yang tepat dalam merespon masalah.

Berikut ini beberapa strategi untuk menangani masalah emosi Anda, dikutip dari Ezinearticles.

Cobalah tidak berkata apa-apa
Ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, emosi yang meledak bisa membuat Anda melakukan tindakan agresif. Jika membiarkan diri untuk berkata sesuatu dalam suasana seperti itu bisa jadi akan menyakiti perasaan orang lain serta memperparah hubungan. Berdiam diri selama beberapa waktu akan membantu membiarkan diri melepaskan perasaan kemarahan.

Ambil napas dalam-dalam
Cara sederhahan ini merupakan jurus paling ampuh dalam menghadapi suasana hati yang tidak menentu. Setiap kali Anda ingin marah, segeralah menurunkan bahu Anda dan bernapas dalam-dalam. Ini akan membantu Anda untuk lebih tenang dan santai.

Berolahraga
Anda dapat mengubah kemarahan menjadi energi dengan berolahraga. Gerak langkah dapat mendukung pikiran Anda untuk melepaskan zat kimia otak yang akan membantu Anda tenang.

Usahakan tidur
Jika Anda merasa kesal dengan seseorang di malam hari, mungkin karena saat itu Anda sedang merasa lelah. Tapi, coba paksakan diri Anda untuk menunda kemarahan yang berapi-api dan cobalah untuk tidur. Jika Anda berhasil, keesokan paginya kemarahan biasanya akan mereda.

Menerima kesalahan
Sebagaian orang banyak yang membenci dirinya ketika melakukan kesalahan. Bahkan tidak bisa mengakui kesalahannya. Tapi, coba renungkan, kesalahan yang telah Anda perbuat. Berhentilah bertanya pada diri sendiri "Apakah aku salah?", tanggapi kesalahan yang Anda lakukan dengan kelembutan, bukan kemarahan.

Tertawa
Humor adalah jawaban untuk segala sesuatu, olahraga pun demikian. Jika benar-benar tak bisa menahan amarah, coba siapkan lelucon, atau mengolok-olok diri sendiri, atau berteriak dengan kata-kata lucu.

sumber: www.vivanews.com
foro: akbaralatas.blogspot.com

Berbagai cerita konyol saat komputer awal tercipta

0 comment
Jim Cartlon, seorang wartawan Wall Street Journal, baru-baru ini mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer Amerika. Dan ternyata keluhan mereka jauh lebih konyol daripada yang kita kira.


Berikut petikan keluhan-keluhan konsumen yang super konyol itu
1. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah Press ANY Key menjadi Press ENTER Key dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak tombol ANY di keyboard.

2. AST Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) takut dengan mouse (tikus) sehingga tidak berani mengeluarkannya dari dalam plastik. Takut diserang mouse komputer

3. Di tahun 1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.

4. Sebuah keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.

5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara memegang kertas yang akan di fax di depan monitor, sambil menekan tombol SEND di layar.



6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, dan membilasnya dengan air, lalu menjemurnya.

7. Seorang konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru dibelinya. Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki, tidak terjadi apa-apa. Setelah diselidiki ternyata pedal kaki yang dimaksud orang itu adalah mouse.

8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah power switch sudah dinyalakan, dia balik bertanya, Power switch apa

9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen
Penelepon Hallo, dengan Tech Support
Novell Ya, bisa dibantu
Penelepon Tatakan cangkir di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya
Novell Tatakan cangkir Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer
Penelepon Tidak. Tatakan cangkir ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan CD-ROM, 16X.
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon dan tertawa terbahak-bahak)

sumber: www.taukahkamu.com

Waktu Mimisan Jangan Menengadahkan Kepala

0 comment
Saat mimisan secara tidak sadar seseorang akan menengadahkan (melihat ke atas) kepalanya. Tapi keadaan ini sebaiknya jangan dilakukan, karena bisa berpotensi menyebabkan komplikasi.

img
Dikutip dari eHow, Selasa (2/11/2010) saat mimisan terjadi, biasanya orang akan menengadahkan kepalanya agar darah tidak terus keluar. Namun cara ini salah dan justru bisa membahayakan orang tersebut.

Hal ini karena kepala yang terangkat ke atas akan membuat darah yang seharusnya keluar menjadi masuk ke tenggorokan dan menyumbat jalur pernapasan, sehingga memicu seseorang tersedak yang nanti akan membuatnya menjadi muntah. Selain itu darah ini juga bisa mengiritasi lambung.

Untuk mengatasi mimisan, posisi yang ideal adalah dengan mendudukkannya dan dengan posisi badan condong ke depan. Posisi ini akan membuat darah keluar dari hidung, dan orang lain dapat melihat kapan darah tersebut berhenti keluar.

Jika darah sudah berhenti, cubit bagian lubang hidung dengan lembut dan hati-hati menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sehingga tidak menimbulkan tekanan yang besar. Ini untuk membendung aliran darah yang biasanya berupa gumpalan dan cobalah bernapas melalui mulut.

Sambil tetap mencubit lembut hidung, letakkan kompres dingin di sekitar hidung untuk membantu menghentikan perdarahan dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Jika darah tidak juga berhenti setelah 10 menit, sebaiknya segera beri pertolongan agar orang tersebut tidak kehilangan darah lebih banyak lagi.

Setelah mimisan berhenti, sebaiknya hindari terlebih dahulu mengangkat benda atau melakukan kegiatan yang berat. Karena kedua kondisi ini bisa memicu lonjakan tekanan darah yang menyebabkan mimisan berulang.

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak atau pun orang dewasa. Penyebab mimisan ini akibat pecahnya pembuluh darah halus dirongga hidung yang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi, alergi, trauma, atau penyakit serius lainnya seperti kelainan darah.

Tapi umumnya penyebab normal mimisan akibat adanya pukulan atau benturan pada hidung. Mengorek atau mengeluarkan cairan hidung terlalu keras juga bisa menjadi pemicu timbulnya mimisan. Selain itu kondisi di sekitar yang terlalu panas atau lembab juga bisa menyebabkan seseorang mimisan.

sumber: www.detik.com
foto: thinkstock

Alkohol Lebih Bahaya daripada Heroin

0 comment
Pada sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet, para ahli obat-obatan menghadirkan sebuah cara baru mengukur kerusakan yang disebabkan oleh narkoba, baik itu yang merusak secara individual maupun yang merusak masyarakat.

Analisis menunjukkan bahwa ketika kedua faktor tersebut dikombinasikan, alkohol adalah obat yang paling merusak, diikuti oleh heroin. Demikian seperti yang dikutip dari Telegraph, Senin, (1/11/2011).

Laporan tersebut ditulis oleh Profesor Nutt dari Imperial College London, Dr. Leslie King dari UK Expert Adviser dan Dr. Lawrance Phillips dari London School of Economics and Political Science.

"Penemuan kami ini mendukung penelitian sebelumnya di Inggris dan Belanda, yang mengkonfirmasi bahwa sistem klasifikasi obat masa kini memiliki sedikit hubungan dengan bukti penyalahgunaan obat-obatan terlarang," simpul dari peneliti tersebut.

Penafsiran baru ini menggunakan sembilan kategori upaya menyakiti diri sendiri dan tujuh dampak pengerusakan kepada masyarakat.

Kategori 'menyakiti diri sendiri' meliputi angka kematian, kesehatan yang kurang baik, kondisi mental yang buruk dan lain-lain. Sementara kategori 'menyakiti orang lain' meliputi kejahatan, pengerusakan lingkungan, konflik keluarga, dan penurunan kepaduan komunitas. Heroin, narkotika dan obat-obatan lain adalah yang paling berbahaya untuk kategori individu, sementara alkohol adalah yang paling berbahaya untuk kategori kepada sesama.

Hasil analisa ini menunjukkan bahwa sebagai narkoba yang paling berbahaya, bahaya alkohol adalah tiga kali lipat seperti kokain dan tembakau. Juga ditunjukkan bahwa alkohol lima kali lipat lebih berbahaya daripada zat mephedrone, yang mana baru-baru ini disebut sebagai obat ilegal di Inggris, sebelum dikategorikan sebagai 'class B controlled drug' pada bulan April 2010.

Ekstasi, yang mana telah menarik perhatian dari media selama dua dekade terakhir, di analisis ini dianggap kurang berbahaya jika dibandingkan dengan alkohol.

"Hasil analisis ini juga sesuai dengan kesimpulan dari laporan para ahli sebelumnya yang menargetkan bahwa alkohol itu berbahaya dan penting untuk diketahui publik," ujar Profesor Nutt dari Imperial College London.

Sebelumnya Profesor Nutt adalah pimpinan dari Advisory Council on the Misuse of Drugs, sampai dia dipecat tahun lalu karena mengatakan bahwa ekstasi itu kurang berbahaya jika dibandingkan dengan alkohol.

sumber: www.okezone.com
foto: allaboutaddiction

Kulit Telur Mampu Serap Pemanasan Global

0 comment
Limbah cangkang atau kulit telur tampaknya belum banyak dimanfaatkan orang. Tapi penelitian terbaru menemukan bahwa kulit telur dapat membantu mengatasi perubahan iklim.
img

Peneliti dari University of Calcutta, India, telah menunjukkan bahwa membran yang melapisi cangkang telur dapat menyerap gas rumah kaca karbon dioksida dari atmosfer, bahkan hampir tujuh kali lipat dari berat telur itu sendiri.

"Karbon dioksida yang terangkap sementara dapat disimpan dalam bentuk ini, sampai metode energi yang efektif untuk menggunakan gas ini dapat ditemukan. Nantinya diharapkan tidak akan terjadi lagi masalah lingkungan yang terkait emisi karbon," tutur Basab Chaudhuri, pemimpin penelitian dari University of Calcutta, seperti dilansir Medindia, Senin (1/11/2010).

Chaudhuri menjelaskan bahwa cangkang telur terdiri dari tiga lapisan, yaitu kutikula pada lapisan luar, serta kandungan kalsium kenyal pada lapisan tengah dan dalam.

Lapisan tengah dan dalam terdiri dari serat protein yang terikat pada karbonat kalsium. Membran inilah yang dapat menyerap gas CO2 dan berada tepat di bawah kulit dengan ketebalan sekitar 100 mikrometer.

"Untuk mendapatkan membran ini, kami harus memisahkan membran dari kutikula. Pemisahan membran saat ini bukan merupakan proses yang efisien," jelas Chaudhuri.

Tapi menurut peneliti yang dipimpin Chaudhuri, asam lemah dapat membantu dan bisa digunakan untuk memisahkan membran dari cangkang yang akan digunakan sebagai adsorben (penyerap) karbon dioksida.

"Pemisahan mekanis ini akan dibuat untuk proses skala industri. Namun, setiap orang juga bisa mengurangi tingkat CO2 dengan mengekspos membran pada cangkang telur setelah ia makan telur," tutup Chaudhuri.

Studi ini telah diterbitkan dalam International Journal of Global Warming pada bulan Oktober lalu.

sumber: www.detik.com
foto: thinkstock

Penemuan Mematikan

0 comment

1. Atomic Bomb

Bom atom adalah salah satu tipe reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat. Sebuah bom mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran.

Semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki dengan korban sebanyak 140.000 orang di Hiroshima dan 80.000 di Nagasaki pada akhir tahun 1945. Pada masa itu daya ledak bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 ribuan ton.

Sedangkan bom atom sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 jutaan ton. Masa fissile material (uranium yang diperkaya atau plutonium) dirancang mencapai supercritical mass.

Untuk membentuk reaksi berantai adalah dengan menabrakkan sebutir bahan sub-critical terhadap butiran lainnya (the "gun" method), atau dengan memampatkan bulatan bahan sub-critical menggunakan bahan peledak kimia sehingga mencapai tingkat kepadatan beberapa kali lipat dari nilai semula. (the "implosion" method).


2. TNT (Trinitrotoluene)

Trinitrotoluene (TNT, atau Trotyl) adalah kristalin aromatic hydrocarbon berwarna kuning pucat yang melebur pada suhu 354 K (178 °F, 81 °C). Trinitrotoluene adalah bahan peledak yang digunakan sendiri atau dicampur, misalnya dalam Torpex, Tritonal, Composition B atau Amatol. TNT dipersiapkan dengan nitrasi toluene C6H5CH3; rumus kimianya C6H2(NO2)3CH3, and IUPAC name 2,4,6-trinitrotoluene.


3.Guillotine

Guillotine menjadi terkenal pada Revolusi Perancis. Nama Guillotine diambil dari nama Joseph Ignace Guillotin (1738 - 1814), orang yang pertama kali menyarankan alat ini sebagai alat eksekusi.

Pada tanggal 25 April 1792, Nicolas Jacques Pelletier adalah korban pertama guillotine. Secara total pada Revolusi Perancis puluhan ribu orang dieksekusi. Di Paris sendiri, diperkirakan 40.000 orang dibunuh dengan guillotine, antara lain Raja Louis XVI dan istrinya Marie Antoinette.

Guillotine dirancang untuk membuat sebuah eksekusi semanusiawi mungkin dengan menghalangi sakit sebanyak mungkin. Terdakwa disuruh tidur tengkurap dan leher ditaruh di antara dua balok kayu di mana di tengah ada lubang tempat jatuhnya pisau. Pada ketinggian 7 meter, pisau dijatuhkan oleh algojo dan kepala terdakwa jatuh di sebuah keranjang di depannya.

Pemenggalan kepala dengan guillotine hanya berlangsung beberapa detik saja. Eksekusi dengan guillotine kala itu menjadi tontonan umum, tetapi kemudian guillotine ditaruh di dalam penjara karena dianggap kejam.

Terdakwa terakhir yang dihukum mati dengan alat ini adalah Hamida Djandoubi. Ia dieksekusi di Marseille pada tanggal 10 September 1977.


4. Automatic Rifle

Jenderal Manuel Mondragon menciptakan senapan otomatis pertama di dunia pada tahun 1887. Beberapa keturunannya adalah AK-47, M16A1, dan M-14. Khusus untuk AK-47, senjata ini adalah tipe yang paling banyak digunakan oleh para teroris.


5. Agent Orange

Agent Orange adalah julukan yang diberikan untuk herbisida dan defolian yang digunakan oleh Militer Amerika Serikat dalam peperangan herbisida (herbicidal warfare) di Vietnam 1961 hingga 1971.

Tong-tong bergaris-garis oranye berukuran 55 galon AS, kira-kira adalah campuran 1:1 dari dua herbisida fenoksi dalam bentuk ester, 2,4-dichlorophenoxyacetic acid (2,4-D) dan 2,4,5-trichlorophenoxyacetic acid (2,4,5-T).

Bila disemprotkan kepada tanaman-tanaman berdaun lebar, mereka merangsang pertumbuhan yang cepat dan tidak terkendali dan akhirnya merontokkan daun-daunnya.

Bila disemprotkan pada tanaman-tanaman seperti gandum atau jagung, ia secara selektif akan mematikan hanya tanaman-tanaman yang berdaun lebar di ladang ilalang dan membiarkan tanaman lainnya relatif tidak terpengaruh.

Bayangkan jika terkena manusia, Agent Orange dapat mengakibatkan risiko berbagai tipe kanker dan cacat genetis.


6. Freon/CFCs

Ilmuwan Thomas Midgley menemukan freon CFC pada tahun 1930. Pembuatan CFC dihentikan pada tahun 1995 karena kerusakan lapisan ozon yang disebabkan CFC.

Setelah CFC dilarang digunakan, penggunaan amonia meluas, lalu diikuti dengan propana dan butana yang kurang korosif, juga isobutana yang saat ini digunakan secara luas.

Jenis fluida lainnya yang dapat digunakan sebaga refrigeran adalah karbon dioksida, hidrogen, helium, dan nitrogen. Pada umumnya digunakan dalam industri yang menyediakan teknologi pendingin yang menggunakan gas-gas tersebut.


7. Gas Sarin

Pada tahun 1938, kimiawan Jerman Dr Gerhard Schrader menemukan gas sarin pertama kali. Saat ini, sarin diklasifikasikan sebagai senjata pemusnah massal oleh PBB.

Sarin menyerang sistem saraf, awalnya hanya menyebabkan pilek dan sesak di dada kemudian korban mengalami kesulitan bernapas, menjadi mual, dan mulai meneteskan air liur.

Korban terus kehilangan kendali atas semua fungsi tubuh, diikuti oleh kejang kejang dan koma. Jika penangkal tidak diberikan dengan cepat maka si korban akan mati secara tragis.

Sumber :
www.kaskus.us

Makanan Penyembuh

0 comment
Biarlah makanan menjadi obatmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.

Selama bertahun-tahun, para ahli gizi melakukan penelitian untuk mengidentifikasi manfaat nutrisi dari makanan tertentu. Mereka mempelajari protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral dan vitamin untuk menentukan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Berikut sejumlah makanan yang memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti dikutip laman Methods of Healing.

1. Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu mengandung antibakteri dan antivirus. Studi lebih dalam menyebut madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Green Tea

Penelitian menunjukkan, teh hijau membantu mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Teh hijau juga diyakini membantu mencegah penyakit diabetes tipe dua dan osteoporosis, serta meredakan radang usus.

3. Kenari

Makan 1,5 ons kenari setiap hari bisa menjadi makanan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Blueberry

Adalah salah satu buah dengan tingkat antioksidan tinggi. Kandungan zat di dalamnya membantu memperlambat penuaan, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan keterampilan motorik, serta menunjang kesehatan kemih dan penglihatan. Blueberry juga memiliki sifat antiinflamasi.

5. Delima

Sebagai buah kaya antioksidan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa delima membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan, membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko kanker tertentu.

6. Rempah-rempah

Kayu manis membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan gula darah. Jahe membantu memperbaiki kesehatan pencernaan, dan mengandung antiinflamasi. Manfaat jahe sebagai pencegah kanker juga tengah dipelajari. Sementara sifat antiinflamasi kunyit diyakini dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer serta mengurangi risiko kanker.

7. Yogurt

Yang terbaik adalah yogurt polos. Kandungan kalsium, magnesium, Vitamin B-2 & B-12, dan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik dalam usus, bermanfaat menyehatkan sistem pencernaan serta kekebalan tubuh. Konsumsi yogurt secara teratur juga diyakini membantu menurunkan kolesterol.

8. Cokelat hitam

Jenis cokelat ini menawarkan manfaat baik bagi sistem kardiovaskular serta perlindungan dari kanker. Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat hitam juga bisa membangkitkan suasana hati yang baik untuk kesehatan emosional dan mental.

9. Salmon

Salmon kaya omega-3 asam lemak dan protein, rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan memiliki sifat antiinflamasi. Manfaat kesehatan ikan salmon termasuk pencegahan diabetes, Alzheimer, kanker serta menyehatkan sistem kardiovaskular.

10. Brokoli

Brokoli penuh dengan vitamin seperti asam folat, vitamin A, B6 dan K. Mineral seperti kalsium dan kalium membuatnya lebih sehat. Brokoli dianggap sebagai makanan penyembuhan yang diaktifkan oleh phytochemical indole-3-carbinol dan sulforaphane, membantu melawan kanker.

sumber : www.vivanews.com

Alasan Stop Minum Soda

0 comment
Minuman soda menjadi kegemaran banyak orang karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Minuman soda juga membuat orang ketagihan. Tapi ada alasan yang bagus kenapa harus berhenti minum soda.

img
Minum soda sesekali saja memang tidak masalah, namun yang terjadi efek kecanduan pada soda membuat orang ketagihan meminumnya hingga akhirnya dampak buruk yang didapatkan. Orang yang sudah kecanduan hampir tiap hari minum soda bahkan sehari bisa beberapa kali.

Dilansir dari International Journal of Clinical Practice yang dikutip dari buzzle, Minggu (31/10/2010) ada beberapa efek yang berbahaya bagi tubuh jika sudah ketagihan minum soda. Berikut alasan kenapa harus berhenti minum soda:

1. Soda tidak punya nilai gizi selain kandungan kalori dan gulanya yang tinggi.
Jadi tidak heran jika kebanyakan penyuka soda akan mengalami kenaikan berat badan dan cenderung obesitas. Sebagian besar minuman soda mengandung 250 kalori per 600 ml. Tak ada kandungan nutrisi atau mineral di dalamnya, melainkan hanya gula dan kafein.

2. Soda bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urine
Sifat diuretik ini membuat air di dalam tubuh lebih banyak yang keluar melalui urine, jika tak diimbangi dengan minum air putih bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.

3. Kandungan asam fosfor dalam minuman soda yang menimbulkan sensasi kesegaran atau gelembung-gelembung udara ternyata dapat mengerogoti tulang.

Jika minuman soda terus menerus dikonsumsi, maka semakin lama tulang akan makin rapuh dan berbentuk seperti pori-pori yang bolong-bolong. Kepadatan tulang yang berkurang akan memicu risiko radang sendi dan osteoporosis.

4. Kandungan asam soda bisa merusak gigi
Minuman soda bisa merusak gigi karena mengandung kadar gula yang tinggi. Komponen asam soda memiliki efek merusak pada email gigi dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Minum soda dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan erosi pada lapisan lambung yang mengakibatkan perut sering mulas, bergas dan masalah pencernaan lainnya.

6. Kandungan Natrium pada pada soda tidak baik untuk kesehatan jantung. Bukti dari studi penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak minum soda dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan hati juga.

7. Minuman soda yang dikonsumsi secara terus menerus juga bisa menimbulkan risiko kesehatan lain seperti diabetes tipe 2 akibat kandungan gulanya yang tinggi, memberikan efek dari kafein yang dikandung seperti insomnia, tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak beraturan.

Cara Berhenti Minum Soda

Menghentikan kebiasaan minum soda memang tidak mudah karena kafein yang tinggi membuat ketagihan. Tapi ada beberapa cara berikut yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi secara bertahap
Mulailah mengurangi secara bertahap, jika setiap hari minum soda mulailah dalam satu minggu hanya minum soda 5 hari, minggu depannya 4 hari. Lakukan selama 6 minggu hingga dalam satu minggu Anda tak perlu lagi minum soda.

2. Mencampur dengan air
Ketika memutuskan berhenti minum soda, biasanya akan terjadi dorongan untuk minum soda yang lebih tinggi. Cobalah campurkan es yang banyak dalam soda hingga komposisi sodanya lebih kecil karena es nanti akan mencair. Dengan begitu konsumsi air yang diminum lebih banyak dibanding sodanya.

3. Ganti dengan minuman lain yang sehat
Setiap kali timbul keinginan minum soda segeralah minum air dingin yang segar atau minuman sehat lainnya seperti susu kedelai, susu rendah lemak, jus buah dan lainnya.

4. Minum teh hijau
Ketika Anda mulai berhenti minum soda maka akan terjadi gejala penarikan dari efek kafein seperti sakit kepala yang cukup sering. Minum secangkir teh hijau di pagi hari bisa meredam gejala pusing yang terjadi.


sumber: www.detik.com
foto : thinkstock

Jangan Takut Flu

2 comment
Sebaiknya Anda lebih hati-hati menjaga kesehatan diri dan keluarga. Cuaca pancaroba yang ditandai oleh curah hujan yang tidak lama kemudian berubah menjadi panas, bisa membuat Anda rentan terkena influenza.


Influenza atau flu, merupakan infeksi pernafasan yang disebabkan oleh virus. Kebanyakan orang mampu melewati influenza dan mereka bisa sembuh tanpa masalah besar. Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami komplikasi serius akibat penyakit ini.

Influenza merupakan penyakit menular yang mudah menyebar melalui bersin, batuk, dan sentuhan dari orang yang terinfeksi virus. Namun jangan khawatir, Anda dan keluarga dapat mengurangi risiko terserang influenza jika Anda bersama-sama menjaga kesehatan.

Berikut ini tips-tips menjaga kesehatan demi pencegahan flu yang dapat Anda terapkan di keluarga, seperti dikutip dari laman Modern Mom.

Vaksinasi influenza
Dapatkan vaksinasi sejak awal virus flu menyebar. Pencegahan ini direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (PPPP).

PPPP juga merekomendasikan imunisasi untuk setiap bayi berusia 6 bulan atau lebih, terutama mereka yang lebih rentan terhadap komplikasi, seperti wanita hamil, anak-anak dan manula.

Cuci tangan
Cucilah tangan sebelum makan atau setelah Anda menyentuh sesuatu yang kemungkinan mengandung virus influenza. Cuci tangan dengan bersih menggunakan air hangat dan sabun, gosok setidaknya selama 20 detik.

Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Jauhkan tangan dari bagian wajah Anda sebanyak mungkin. Terutama mulut, mata dan hidung. Kuman di tangan Anda bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang pori-pori di bagian-bagian tubuh tersebut.

Hindari orang sakit flu
Menjauhkan diri dari virus flu yang menyebar di sekeliling Anda, adalah tindakan yang paling tepat. Ada baiknya hindari orang yang sedang sakit flu di tempat kerja, di tempat umum atau di manapun. Hindari juga lingkungan yang ramai karena bisa jadi orang di depan Anda membawa virus influenza.

Bersahabat dengan makanan sehat
Perbanyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi, akan menjaga tubuh Anda tetap prima. Selama tubuh Anda sehat, penyakit apapun akan segera menjauh dari tubuh Anda.

Olahraga
Olahraga secara teratur untuk melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kebugaran dapat membantu Anda melawan serangan virus influenza.

Tidur cukup
Pergi ke kamar untuk tidur lebih awal akan membuat tubuh Anda mendapatkan lebih banyak istirahat. Dengan istirahat yang cukup, stamina tubuh akan tetap stabil dan kuat untuk melawan flu.

sumber : www.vivanews.com
foto : keripiku.blogspot.com
Copyright © Crow - Post