crow-post.blogspot.com
free web site traffic and promotion

Plastik Mampu Menghantar Arus Listrik

Plastik di masa depan bisa menjadi penghantar arus listrik. Potensi penggunaannya pun amat luas.

http://www.i2s-linescan.com/upload/plastic_final_bordure.gifPara peneliti di University of Queensland, Australia, berhasil melakukan eksperimen untuk membuat plastik sebagai penghantar listrik. Tim yang terdiri atas profesor Paul Meredith, profesor Ben Powel--keduanya dari University of Queenslad--dan profesor Adam Micolich dari University of New South Wales itu menggunakan teknik sinar ion dalam prosesnya.

Untuk mengubah plastik menjadi penghantar listrik, para peneliti itu menempatkan film logam tipis di atas lembaran plastik lalu menyatukannya pada permukaan polimer dengan menggunakan sinar ion. Metode ini ternyata dapat digunakan untuk membuat plastik film yang murah, kuat, lentur, serta memiliki kemampuan untuk mengalirkan arus listrik.

Teknik sinar ion sudah digunakan secara luas dalam industri mikroelektronik untuk menentukan daya konduksi semikonduktor seperti silikon. Namun upaya untuk menerapkan proses serupa pada plastik film yang dilakukan sejak 1980 baru bisa membuahkan hasilnya tahun ini.

"Kami telah berhasil menggunakan sinar ion untuk menyesuaikan sifat plastik film agar dapat menghantarkan listrik seperti halnya pada logam yang dipakai pada kabel listrik," terang Meredith. Selain itu, menurut Meredith, teknik sinar ion itu juga memungkinkan plastik film berfungsi sebagai superkonduktor serta mengalirkan arus listrik tanpa tahanan jika didinginkan sampai suhu tertentu.

Untuk mendemonstrasikan potensi penerapan materi baru ini, tim peneliti membuat termometer tahanan listrik yang sesuai dengan standar industri. Ketika dilakukan uji coba dan dibandingkan dengan termometer tahanan platinum berstandar industri, materi baru itu menunjukkan kualitas yang setara, bahkan lebih unggul.

Menurut Andrew Stephenson, salah satu anggota tim, penemuan ini sangat menarik karena kemampuan plastik film untuk mengalirkan atau menahan aliran arus listrik sangat akurat dan dapat disesuaikan. Ini berarti potensi penggunaannya yang sangat luas. 



Sumber : nationalgeographic
Foto   : http://www.i2s-linescan.com/upload/plastic_final_bordure.gif

0 comment:

Posting Komentar

Copyright © Crow - Post