crow-post.blogspot.com
free web site traffic and promotion

Dua Ton Karbon Dioksida Tiap Tahun Dihasilkan oleh Makanan

Dampak pemanasan global akan semakin terasa jika manusia tidak segera membatasi polusi udara, terutama dari industri dan transportasi. Sebab untuk makan saja, tiap manusia sudah menyumbang polusi sebanyak 2 ton karbon dioksida (CO2) pertahun.
img
Angka itu sudah meliputi berbagai tahapan penyiapan makanan, mulai dari cocok tanam, pengolahan, pengemasan hingga distribusi dan penjualan. Dari total emisi yang dihasilkan manusia tiap tahun, tahapan-tahapan itu menyumbang polusi sekitar 20 persen.

Para ahli dari Universidad de Almeria (UAL) menyimpulkan hal itu setelah meneliti pengaruh pola konsumsi makanan di Spanyol dengan tingkat pencemaran lingkungan. Kesimpulan tersebut dipublikasikan dalam jurnal internasional Life Cycle Assessment.

"Dalam setahun, tiap orang menghasilkan polusi 2 ton karbon dioksida dari makanan dan menghabiskan energi sekitar 20 gigajoule untuk mengolahnya," ungkap Ivan Munoz, salah satu peneliti seperti dikutip dari Science Daily, Rabu (3/11/2010).

Emisi karbon dioksida paling banyak dihasilkan dari peternakan, seperti pengolahan daging dan susu. Agrikultur, perikanan dan industri pengolahan makanan jadi juga termasuk sumber-sumber utama pencemaran lingkungan.

Selain mencemari udara, proses pengolahan makanan juga mencemari perairan terutama dengan limbah nitrogen dan fosfor. Bahkan limbah alamiah berupa kotoran manusia juga merupakan sumber pencemaran air.

Di dalam air, materi organik pada kotoran manusia menjadi sumber nutrisi bagi alga. Akibatnya terjadi booming atau ledakan pertumbuhan alga yang membuat kadar oksigen terlarut menipis dan berbau tidak sedap.

Untungnya, kotoran manusia juga menjadi pupuk bagi tanaman lain sehingga memperbanyak terjadinya fotosintesis. Salah satu produk fotosintesis adalah oksigen yang sedikit banyak dapat menetralisir emisi karbon dioksida dari makanan.


sumber: www.detik.com
foto: thinkstock

2 comment:

Harry mengatakan...

dilawan ama pohon trembesi.!!

Little Knowledge mengatakan...

banyak" nanem pohon ajah deh sama kurangin kendaraaan di jalan :D

Posting Komentar

Copyright © Crow - Post